Slider

Home » » Solusi Laptop Tidak Mau Menyala Dengan Power Baterai

Solusi Laptop Tidak Mau Menyala Dengan Power Baterai

Written By aidil komputer on Jumat, 22 Maret 2013 | 23.38


Saya punya masalah dengan Baterai Laptop saya, saya membeli Laptop baru sekitar Desember 2008, tapi sekitar Oktober 2009 sudah mengalami kerusakan, namun bukan kerusakan secara fisik, tapi saya rasa itu kerusakan Power Management yang ada di Baterai saya. Jadi Baterai Laptop saya masih bisa di-charger secara normal sampai penuh dan anehnya biasanya ketika Baterai sudah 10%, langsung mengeluarkan bunyi tanda peringatan Baterai mau habis, tapi ini ketika 20% saja sudah bunyi. Padahal saya tidak pernah merubah settingan Power Options di Control Panel. Berarti sudah jelas yang rusak adalah Power Management yang ada di Baterai saya.
Dan sekarang Laptop saya tidak bisa dinyalakan dengan Power Baterai. Jadi harus dipancing dulu dengan Charger Listrik,nyalakan Laptop,matikan Charger Listrik, dan barulah Laptop saya bisa berjalan dengan Baterai saja. Tentu saja saya jadi tidak bisa membawa Laptop saya kemanapun tanpa membawa kabel Charger Listrik. Saya sempat berpikir hal ini membuat Laptop saya tidak menjadi barang yang efisien lagi. Lalu saya melihat buku panduan saya jika ada masalah Laptop tidak bisa dinyalakan dengan Power Baterai, yaitu :
1.Periksa Power Management di Windows apa ada Software atau Hardware Anda yang mengambil daya dari Baterai dalam keadaan mati ?
2.Apakah Laptop di set untuk mati secara otomatis ?
3.Apakah ada daya dalam Baterai Anda ?
Kira-kira itulah yang harus Anda perhatikan, biasanya jika Baterai sudah lemah atau sekitar 10% maka Laptop tidak mau menyala. Biasanya itu jika kita memilih Power Schemes=Portable/Laptop di Power Options yang ada di Control Panel. Saya sudah memeriksa ketiga pertanyaan tadi dan semuanya tidak ada yang berhubungan dengan penyebab kerusakkan Laptop saya. Maksudnya :
1.Saya tidak punya perangkat Hardware/Software yang mengambil daya Baterai dalam keadaan mati dan sampai habis
2.Laptop saya tidak di-set mati secara otomatis. Saya memilih Power Schemes=Portable/Laptop di Power Options yang ada di Control Panel.
3.Saya mempunyai daya Baterai Laptop penuh/100%
Tapi masalah yang terjadi adalah Laptop saya tetap tidak mau menyala. Saya sempat bingung yang rusak Baterai-nya atau Laptop-nya ? Baterai sudah penuh tetapi Laptop tidak mau menyala dengan Power Baterai. Akhirnya saya baru mengerti kalau yang rusak adalah Power Management di Laptop saya. Ini terjadi karena Baterai sudah menunjukkan tanda penuh 100% tapi tidak mau menyala dan ketika sudah 20%, Laptop sudah lemah dan mengeluarkan Alarm Baterai Kritis yang biasanya tidak pernah terjadi. Jadi apa yang harus Anda lakukan :
1.Pastikan Baterai terpasang di Laptop dengan benar
2.Lepaskan Charger Listrik dari Laptop Anda
3.Nyalakan Laptop dengan Power Baterai. Tidak bisa ? Lakukan langkah di bawah ini :
4.Colokkan Charger Listrik ke Laptop Anda
5.Isi Baterai sampai penuh tapi dalam keadaan Laptop sedang mati dan jangan dalam keadaan Laptop sedang dilipat/ditutup (Biasanya ada lampu indikator di Laptop Anda yang menunjukkan isi dari Baterai)
6.Jika Baterai sudah penuh, lepaskan Charger Listrik dari Laptop Anda lalu nyalakan kembali Laptop Anda dengan Power Baterai. Tidak bisa juga ?
7.Colokkan Charger Listrik ke Laptop Anda lalu nyalakan Laptop Anda. Pasti Laptop Anda bisa menyala kan ?
8.Sekarang cabut Charger Listrik dari Laptop Anda (Inilah yang saya maksud dengan menyalakan Laptop dengan Power Baterai tapi dengan memancingnya terlebih dahulu dengan Charger Listrik)
9.Sekarang biarkan Laptop Anda menyala sampai daya Baterai benar-benar habis dan Laptop Anda mati dengan sendirinya
10.Jika Baterai sudah habis dan Laptop sudah mati, sekarang Anda ulangi (langkah no.4 & 5)
11.Jika Baterai sudah penuh, lepaskan Charger Listrik dari Laptop Anda lalu nyalakan kembali Laptop Anda dengan Power Baterai. Berhasil kah ? Selamat !!!!!
Nah, itu adalah langkah yang saya lakukan ketika Baterai saya mengalami kerusakan Power Management. Jika langkah ini tidak berhasil sebaiknya Anda ulangi (langkah no.4 - 11) sampai 3 kali dan jika berhasil lakukanlah (langkah no.4 - 11) selama 3 kali juga.Kenapa harus 3 kali ? Karena sebetulnya ini adalah langkah yang harus kita lakukan ketika mempunyai Baterai baru atau ketika membeli Laptop baru. Sebetulnya ini juga langkah sama yang dilakukan ketika kita membeli HandPhone baru kan ? Dan ternyata memang benar kalau Power Management di Baterai saya sudah rusak karena daya Baterai 20% saja sudah mengeluarkan peringatan Baterai Kritis. Kalau tidak berhasil juga berarti langkah terakhir adalah tempat Service Komputer.
Saya sempat heran akan hal ini, akhirnya saya teringat petunjuk dari buku Panduan kalau kita harus menghabiskan daya Baterai sampai benar-benar habis. Itulah ternyata kebiasaan buruk saya yang selalu mematikan Laptop ketika Baterai sudah kritis dan langsung menyalakannya dengan Charger. Hal ini membuat Baterai saya jadi tidak awet dalam hal pengisian yang optimal. Dan ketika saya melihat buku Panduan kalau kondisi Baterai yang ideal itu cuma mencapai 1 tahun, saya langsung kaget karena teman saya punya Laptop yang murah tapi Baterai-nya bisa bertahan lebih dari 2 tahun lebih. Kenapa ? Ternyata ia punya trik khusus dalam merawat Baterai Laptop-nya. Untuk trik merawat Baterai Laptop sebaiknya Anda baca postingan saya selanjutnya. OKE



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar